Rabu, 27 April 2011

Desain PTK

 PENGEMBANGAN DESAIN PTK
Desain atau model-model PTK tersebut, dapat dilakukan untuk semua
mata pelajaran, terutama yang didalamnya terdapat praktek. Pemilihan desain
atau model yang akan digunakan bergantung kepada permasalahan yang
dihadapi praktisi di lapangan serta pemahaman dan kemampuannya terhadap
suatu model PTK. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dan diikuti guru
kaitannya dengan penerapan suatu model PTK adalah:
1. Ide awal; berupa suatu upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Dengan penerapan TPK itu peneliti mau berbuat apa
demi suatu perubahan dan perbaikan?
4
2. Pra-survei/temuan awal; untuk mengetahui secara detail kondisi yang
terdapat di suatu kelas yang akan diteliti (kemajuan belajar, sarana, sikap
siswa).
3. Diagnosis; biasanya dilakukan oleh peneliti dari “luar” lingkungan sekolah
atau kelas yang menjadi sasaran penelitian.
4. Perencanaan; terkait dengan pendekatan, metode, teknik atau strategi
pembelajaran, dan media atau materi pembelajaran, dsb.
5. Implementasi (realisasi) tindakan; misalnya strategi apa yang digunakan
atau materi apa yang diajarkan atau dibahas.
6. Observasi (monitoring); harus mencatat semua peristiwa atau hal yang
terjadi di kelas penelitian (misalnya, kinerja guru, situasi kelas, perilaku
siswa, penyerapan terhadap materi, dsb).
7. Refleksi atau evaluasi, dilakukan oleh kolaborator atau dengan partisipan
yang terkait suatu PTK. Berdasarkan refleksi suatu perbaikan tindakan
(replanning) selanjutnya ditentukan.
8. Penyusunan Laporan; setelah penelitian berakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ainun ma'rifah